Jumat, 27 Januari 2012

KOMPUTER

CAPENYA MANTENGIN KOMPUTER

Ini sebuah pengalaman yang tentunya gw alamin sendiri, yang akhirnya membuat gw berkesimpulan bahwa, 1 hari didepan komputer sama capenya dengan mencangkul hehe maaf jika berlebihan

Begini ceritanya, gw dulu sering heran aj, kenapa selalu saja kalau gw pulang kampung, hari – hari gw disana, terasa lemes, bukan lemes sama sekali seh, cuman serasa lemes saja ngak seperti saat gw di palangka ( kalo di plk, semanggat gw full, tenaga maksimal). Dikampung lemesss gerak aja berat benget.hehe

Untuk beberapa waktu, gw selalu terpikir tentang hal ini, bahkan gw sempet berkesimpulan tentang sesuatu yang menyebabkan hal itu, yah walaupun sekarang gw tau, itu bukanlah penyebabnya.

Setelah sekian lama, baru gw sadar dan tau jawabannya. Berawal ketika gw beli PC, yah awal-awal kuliah gw mang ngak punya PC, (ada PC dikampung, bisa gw pake pas liburan aja)  pertengahana kuliah baru gw beli, khusu buat gw di plk.  Nah pas awal – awal gitu, kebiasaan gw dirumah, gw lakonin deh di plk, nongkrong depan PC, bebrapa hari  gw merasa badan gw lemes, letih, cape gitu lah sama seperti apa yang gw rasain kalau pulang kampung.
Akhirnya,
Gw dapet jawabannya. Ternyata, yang bikin gw lemes adalah efek radiasi dari komputer, gw baru sadar bahwa kebiasaan gw itu,  berlama – lama di depan komputer, ternyata berdampak cukup negatif bagi fitalitas badan gw. Bener krasa banget capeee gitu rasanya. Ini mengkin efek radiasi layar komputer ( monitor ).
Yah mata pasti cape lah kalau harus berjam – jam fokus pada layar selebar Cuma 14 inci. Tapi gw ngak kapok kok, aktifitas gw tetep saja.

Untuk menguranggi dampaknya..
yang bisa dilakukan yah menguranggi jam terbang nongkrong didepan PC(meneurut gw).
Gw belum coba kalau pakai kacamata anti radiasi, apakah bisa menguranggi efek radiasinya, soalnya susah juga, kalau jam terbang didepa PC dibatasi, apalagi kalau banyak tugas. Heeehh masak dibatasi.
Cuman harga kacamata girtuan kan pasti lumayan, nyarinya sudah lagi, kalau dapat yang imitasi yah, sma juga boong.

Solusi lain yang sering gw lakoni, dnegan menagtur tingkat pencahayaan monitor, jadi monitornya gw bikin agak redup, tujuannya agar mata lebih relaks aja.
Lumayan efeknya,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar